Minggu, 25 Desember 2011

re: Manusia Setengah Salmon



Akhirnya manusia setengah salmon keluar tanggal  24 kemarin :D 
Pulang kuliah langsung nyari ke gramed dan bukunya uda berjejer rapi di rak arrival. Pertama liat bahagia halamannya tebel! ada 19 cerita *senyum2, meluk2 buku* bandingin si marmut dulu yang ceritanya dikit, teksnya gede-gede, bukunya tipis, baca tulisannya dika jadi ga puas, eh ini berkali-kali lipat halamannya, hueheuuehu. Meskipun di blog dika uda ada cover si salmon, agak kaget juga pas liat cover aslinya. tapi dont look book for the coverlah, dengan dika sengaja bikin cover sesederhana gitu, pembaca buku2 raditya dika pasti percaya isinya. Disini juga susunan ceritanya bagus. Bab 1 cerita tentang sehari-hari dika, bab 2 tentang pemikiran2 absurdnya,  bab 3 balik cerita sehari-hari lagi, bab 4 balik keabsurdan, bab 5 bab 6 dst dst. Bikin pembaca -yang sebenernya tetep ga bakalan bosen- baca cerita mulu, ada selingannya. Cerita absurd dika juga bukan cuman ngetawain hidup lagi, tapi lebih ke makna hidup *ceilah* *berat2*. Ada beberapa chapter baru, dari emoticon2 bb yang dibuat percakapan, dan beberapa bab pendek yang ngambil dari tweet @radityadika

Manusia setengah salmon juga lebih cerdas, banyak 'petuah2' bijak dika yang bisa kita resapi -terutama  di "sepotong hati di kardus coklat"- cerita pengalaman-pengalaman yang bisa kita ambil hikmahnya, tips2 menyesatkan bermanfaat, dan banyak penggalauan yang bikin nangis sambil sampoan. hueheuehu. Ga tau saya aja atau yang lain juga nyadar, di buku ini cerita-cerita dika lebih deket sama pembacanya, lebih bijak, dan banyak ending dan bagian-bagian yang menyentuh :') Mungkin bener apa yang dika bilang di blognya, kalo di buku ini proses pendewasaan tulisannya, dari kambing jantan, brontosaurus, babi ngesot, radikus dan marmut merah jambu, semuanya ada proses perubahan seorang Raditya Dika.

Balik ke buku. Halaman pertama uda ngakak baca kata pengantarnya. Kata dika mulai sekarang uda jarang ada Edgar, karna Edgar uda mulai remaja dan tambah ganteng *bayangin edgar ganteng* *cring2* jadi dika ga banyak nulis kejelekan2 edgar lagi :(( Dika juga pamer dia sekarang udah lulus sebagai mahasiswa tertua selama *sensor* tahun. hahhaa. "ga ada yang abadi, bahkan untuk seorang mahasiswa abadi". 


Dari sekian bab cerita yang beda-beda genre *udah kayak musik aja ni buku*, paling suka "Ledakan Paling Merdu", "Bakar Saja Keteknya", "Pesan Moral dari Sepiring Makanan", dan "Lebih Baik Sakit Hati".  Itu yang bagian ngakak guling2 salto bin kayang. sedangkan yang bikin ngakak, tapi agak nyesek dan mengharu biru, "Kasih Ibu Sepanjang Belanda", "Sepotong Hati di Dalam Kardus Coklat" dan "Manusia Setengah Salmon" :')

"Kasih Ibu Sepanjang Jalan" nyeritain dika yang dulu waktu SMP pernah dicap anak mami gara-gara tiap dianter sampai gerbang sekolah, mamanya bilang ai luf yu~ *HAHAHA* karna dika lebih takut dikutuk jadi batu daripada malunya, akhirnya dia bilang ai luf yu tu di depan temen-temen SMP. jadilah dika di cap anak mami selama setahun.
Dan ternyata mama dika emang terlalu berlebihan buat kasih perhatian sama anak-anaknya, terutama waktu dika pergi jauh di luar negeri. Waktu di belanda selama 2 minggu, tiap jam ditelepon, disms, telpon, disms yang ga pernah di bales dika karna malu udah gede tetep dicariin mamanya. Sampai akhirnya, temen summer coursenya, Perek (ok, beneran ini namanya perek), nyadarin dia, masih beruntung dia dicariin oleh mamanya, nah kalo perek, jarak perek sama ibunya udah jauh, bahkan beda alam... :'( ini beneran mata berkaca-kaca waktu bacanya* si dika langsung sadar bahwa dia lebih lebih lebih beruntung punya mama yang nyariin dia.
" Sesungguhnya , terlalu perhatian orang tua adalah gangguan terbaik yg pernah kita terima." (Kasih Ibu Sepanjang Belanda)
"Ledakan Paling Merdu", sebenernya endingnya bikin terharu :'). Ceritanya, ayah dika punya ritual aneh tiap pagi, yaitu, senam kentut. yak senam. kentut. gimana caranya? tiap pagi habis bangun tidur, minum air segelas, dan udara di perut hasil tidur semaleman  bakalan keluar dengan ngelakuin gaya2 tubuh sedemikian rupa. kalo saya tambah segelas lagi, bakalan lancar bab tiap pagi. *tips sehat*.
Jadi ceritanya waktu dika SMP, dia masuk sekolah siang, jadi kebiasaanya waktu belajar adalah  gaya tengkurap dilantai sampai pagi. gara-gara kebiasaan ini, perutnya jadi sakit, karna perutnya yang dingin di lantai dan udara luar yang panas, udara masuk ke perut dan banyak gas di perutnya yang ga bisa keluar. akhirnya papa dika nyuruh dika buat senam kentut bareng.
setelah beberapa step by step yang diajarin papa dika, akhirnya dika bisa kentut.
"PREEET~~~"
dika kentut sedemikan dahsyatnya sampai kepala dika godek-godek persis kayak Tina Toon kena tegangan listrik tinggi.

Paling lucu "Bakar Saja Keteknya". ini dari judul aja uda ngakak sendiri. kalo uda berhubungan dengan ketek dan ketek-ketek lainnya itu pasti absurd banget.
Ga seru kalo ditulis semuanya, langsung aja baca bukunya, heuehue.

Intinya, manusia setengah salmon banyak kasih kita pelajaran, kalo hidup kita itu selalu pindah. Selalu berubah, maju, move on. Pindah disini macem-macem, dari pindah rumah, pindah kebiasaan, pindah pekerjaan, sampai pindah hati. Dan pindah hati itu ada analogi patah hati seperti pindahan rumah. Ibarat putus sama (mantan) pacar dan nyari pacar baru lagi, sama seperti waktu pindah rumah dan milih rumah baru lagi. Semuanya sama-sama mencari kesempurnaan, kenyamanan dalam hidup.
"Untuk melakukan pencapaian lebih, kita tak bisa hanya bertahan di tempat yang sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa didapatkan tanpa melakukan perpindahan. Mau tak mau, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang mewujudkan harapannya. Bahkan rela mati di tengah jalan demi mendapatkan apa yang diinginkannya." 
(Raditya Dika, manusia setengah salmon, hal 257)

Happy reading, salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar