Jumat, 12 Oktober 2012

Waktu Teta

Pernah denger tentang gelombang otak atau Brainwave? 
Jadi, otak itu punya suatu gelombang yang mempengaruhi seluruh pikiran dan emosi kita. Ada gelombang  Beta, Alfa, Teta dan Delta.
Pagi-pagi waktu kita mau kegiatan, otak ngeluarin gelombang Beta, waktu ini kita bener-bener sadar, lagi  olahraga, kerja, debat, kuliah, ngerjain soal dll. Setelah itu gelombang Alfa, waktu kita rileks tapi tetap sadar, misal lagi berdoa, nulis, baca buku, pokoknya yang kita fokus cuman 1 objek. Trus Teta, adalah waktu kita mau tidur, detik-detik kita bisa denger denyut jantung atau nyawa udah mau keluar dari tubuh *tsah*. Dan terakhir gelombang Delta, yaitu waktu kita bener-bener tidur, ga sadar diri dan udah ngalamin mimpi.
Nah yang penting disini adalah waktu Teta sama Alfa. Karena di waktu ini, otak dan seluruh organ tubuh kita mulai istirahat. Jam 6-9an, adalah waktu alfa, dan jam 9-10an udah masuk waktu teta. Waktu ini keadaan hening dan tenang, yang artinya alam bawah sadar kita lagi terbuka. Kalo alam bawah sadar udah kebuka, segala hal yang masuk di pikiran kita enggak disaring sama pikiran sadar, dan langsung masuk alam bawah sadar. Bahayanya, kalo hal-hal yang masuk di pikiran kita hal negatif, ingatan itu bakal keinget sampe seumur hidup! *jeng jeng*
Ingat-ingat waktu alfa dan teta:
  • Kalo udah punya anak nanti *uhuk* jangan marah-marah waktu pulang ngantor jam 7 atau jam 9an, itu bisa gawat buat masa depan anaknya, bisa keinget sampe dia matik. atau terulang lagi sama anaknya lagi. serem.
  • Di jam-jam itu usahain jangan liat film-film horor *yakale nonton film horor siang-siang udah ga serem lagi* Tapi demi bersihnya tidur kita, mending hindari nonton uji nyali / film horor di jam itu, ntar ga bisa tidur sampe kebawa mimpi. Dan keinget setannya sampe besok tua aaak. 
  • Kalo bisa hindari berita-berita ngagetin di sosial media, sms, atau hal-hal yang biasanya bakal punya  efek negatif buat kita, karna nanti bakal ga bisa dilupain.
Mungkin kita mikir "Alaah kan udah lupa, ga mungkin keinget..." Ya bener kita lupa, tapi masih ADA. Nanti waktu kita lagi rileks pasti hal-hal itu bakal keinget lagi, karna emang masih ada di alam bawah sadar kita. 

Contoh waktu naruh buku lupa. Waktu kita sibuk nyari pasti ga ketemu-ketemu, eh pas kita santai n rileks tiba-tiba ketemu aja di meja. Itu karna waktu kita nyari, otak kita lagi berpikir keras, waktu Beta, sedangkan waktu rileks, kita sedang waktu Teta, jadi alam bawah sadar kita tahu dimana kita ngeletakin buku itu.

Jadi, waktu malam hari dan mau tidur itu waktu paling baik buat otak kita istirahat. Aktivitas boleh, tapi hindari hal-hal negatif, isi dengan liat, denger, dan lakuin hal-hal positif. Hal-hal positif ini bisa bantu kita buat ningkatin manfaat waktu Teta.
Karna waktu Teta kita bisa nerima hal-hal sangat sensitif terhadap alam bawah sadar, kita bisa buat otak nerima hal-hal yang bermanfaat buat kecerdasan kita. Caranya dengan dengerin Brainwave. Brainwave bisa dengan lagu-lagu instrument, tapi kebanyakan Brainwave dari Quantum Ikhlas itu suara gemericik air sama suara hujan, yang cocok banget sama gelombang otak Teta. 
Brainwave kita lakuin waktu Teta - waktu kita mau tidur - waktu kita udah rileks. Manfaat Brainwave banyak banget ternyata, yang saya dapetin di gelombangotak.com, kita bisa ningkatin belajar *disini konsentrasi belajar kita pasti lebih fokus*, tambah kreatif *karna kita semakin tenang dan rileks - bisa berpikir jernih*, enggak gampang stress, banyak energi positif, ingatannya baik alias ga gampang pikun, huehehehe. 

Ayo kita manfaatin waktu Teta, karna ini juga berpengaruh sama masa depan kita nantinya, haha salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar