Rabu, 22 September 2010

Si Tangan Kidal

Tahu apa kesamaan Osama bin Laden dan George H.W. Bush? Tidak usah kita ngomongin politik sekarang. Ternyata kedua-duanya adalah sama-sama orang kidal.
Kemaren, waktu kelas TTKI, ga sengaja merhatiin temen sekelas, yang ternyata nulis pake tangan kiri a.k.a kidal. Sebenernya si masih banyak temen-temen lain yang juga kidal, tapi pengen tau aja. kekekeke

Jadi lefty atau kidal, sebenernya adalah hal yang masuk akal. kita tahu bahwa otak dapat dibedakan menjadi dua bagian, yakni bagian kanan dan kiri. Uniknya, bagian kanan tugasnya mengatur anggota tubuh sebelah kiri, dan sebaliknya bagian kiri mengatur anggota tubuh sebelah kanan.

Kalo otak bagian kiri itu urusannya pemikiran logis, sedangkan yang kanan tu yang abstrak. Sayangnya, manusia didunia ini sebagian besar menggunakan otak bagian kiri (pemikiran logis). Jadi, rata-rata manusia pandai menggunakan anggota tubuh sebelah kanan. Pengguna aktif otak kanan sangat jarang. Well, kita jarang kan nemuin seniman yang lebih banyak ketimbang akuntan, ato yang jago gambar ketimbang matematika. Jarang banget. Makanya~ orang kidal itu jarang....

Menurut yang saya baca, 8-15 persen penduduk dunia yang bertangan kidal. Untuk menulis, menyuapi anaknya, memasak, dan berias dia menggunakan tangan kiri. Sementara itu tangan kanannya digunakan untuk melakukan hal-hal yang, menurut kita, lebih layak digunakan oleh tangan kiri.

Penyebab Kidal
Kidal terjadi karena dua kemungkinan, yang pertama karena kebiasaan sejak kecil, sednagkan yang kedua merupakan faktor genetis yang tidak mesti pada saudara kandung atau ayah ibu, mungkin saja muncul pada paman bibi atau bahkan kakek beberapa generasi sebelumnya.Para peneliti menemukan fakta bahwa, alasan kidal disebabkan karena kekurangan pasokan oksigen (O2) ke otak dalam kandungan. Bayi kembar akan memiliki peluang menjadi kidal lebih besar. Karena harus berbagi oksigen (O2) dengan saudarannya. Dan ternyata saya sama vira ga termasuk didalamnya. *sapa nanya* :P

Fakta Menarik
1. Individu kidal cenderung merasa cemas ataupun malu dengan apa yang ingin dilakukan atau dikatakan.Kajian dari University Skotlandia menemukan bahwa orang kidal cenderung lebih setuju dengan pernyataan seperti : “Saya kawatir membuat kesalahan.” Mereka yang kidal juga sepakat dengan penyataan : “Kritik atau omelan membuat saya sedikit sakit hati.”. Dr Lynn Wright, yang menjalan kajian tersebut di Dundee, Skotlandia, percaya fenomena ini disebabkan adanya perbezaan bahagian otak antara orang kidal dan orang tangan kanan.
“Orang kidal cenderung lebih bimbang, sedangkan mereka yang memakai tangan kanan cenderung sedikit bergerak cepat. Pada orang kidal, bagian otak kanannya lebih dominan, dan inilah bagian yang sepertinya mengendalikan aspek negatif dari emosi. Mereka yang lebih banyak memakai tangan kanan, bagian otak kirinya lebih dominan,”
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang kidal lebih cepat dan kreatif karena menggunakan kedua belahan otaknya, berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan yang hanya menggunakan otak kiri. Kedua belahan otak sebenarnya hampir sama, dan sebagian besar untuk memproses informasi yang sama, dengan data lewat bolak-balik di antara keduanya terutama melalui jalur saraf utama.3. Para pakar berteori bahwa orang kidal memiliki mental lebih baik saat di usia tua dan saat proses otak secara keseluruhan mulai melambat.

Kidal = Unik
Kidal itu bisa jadi kelebihan. Banyak orang terkenal n sukses yang kidal. Ambil contoh, Osama bin Laden dan George H.W. Bush tadi, dua-duanya orang penting di dunia, ,trus Bill gates, Oprah Wenfrey, Rafael Nadal, no.1 Tennis Player In The World. Dari Ilmuwan sendiri, ada Isaac Newton, Benjamin Franklin, Aristoteles, Albert Einstein. Mungkin dari Indo selain petenis, ada pemain badminton kita, Thomas Cup Wijaya Kusuma, dll, ada tambahan?
Salam :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar